get app
inews
Aa Read Next : Masjid Al Qiblatain atau di Kenal dengan 'Masjid Dua Kiblat', Saksi Sejarah Perpindahan Arah Kiblat

Ini Dia Syarat Wajib Zakat Fitrah, Umat Islam Harus Tahu!

Jum'at, 14 April 2023 | 00:00 WIB
header img
Zakat Fitrah (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Ternyata ini dia Syarat wajib zakat fitrah berikut patut untuk diketahui. Dari sanalah dapat disimpulkan bahwa zakat fitrah diwajibkan untuk setiap orang Islam, baik laki-laki, perempuan, anak kecil, maupun orang dewasa.

Kewajiban membayar zakat fitrah ini berdasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW:

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ. رواه البخاري و مسلم .

Artinya: Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan. (HR Bukhari dan Muslim).

Syarat wajib zakat fitrah Adapun syarat wajib zakat fitrah yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

Beragama Islam Orang yang membayar zakat fitrah harus merupakan seorang muslim. Kewajiban tersebut tertuang dalam firman Allah SWT yang berbunyi:

وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرۡكَعُواْ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

Artinya: Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'. (QS. Al-Baqarah [2]: 43).

Muhammad bin Qasim Al-Ghazi juga menyebutkan demikian dalam Fathul Qarib:

: الإسلام، فلا فطرة على كافر أصلي إلا في رقيقه وقريبه المسلمين، وبغروب الشمس من آخر يوم من شهر رمضان، وحينئذ فتخرج زكاة الفطر عمن مات بعد الغروب دون من ولد بعده، ووجود الفضل، وهو: يسار الشخص بما يفضل عن قوته وقوت عياله في ذلك اليوم، أي: يوم عيد الفطر، وكذا ليلته أيضا. ويزكي الشخص عن نفسه وعمن تلزم نفقته من المسلمين، فلا يلزم المسلم فطرة عبد وقريب وزوجة كفار، وإن وجبت نفقتهم.

Artinya: Pertama, Islam dan tidak ada kewajiban zakat bagi orang kafir, kecuali budak dan kerabat Muslim dari orang kafir tersebut.

Merdeka Islam tidak mewajibkan seorang budak untuk membayar zakat fitrah.

Hal itu lantaran dirinya berada dalam kuasa orang lain atau tidak merdeka. Namun, praktik perbudakan sudah tidak ada di zaman sekarang.

Oleh sebab itu, syarat wajib kedua ini hampir terpenuhi oleh semua orang Islam.

Memiliki makanan pokok pada Idul Fitri Dilansir dari situs Kementerian Agama, Kamis (13/4/2023), orang yang memiliki makanan pokok saat Idul Fitri untuk dirinya dan orang-orang yang dinafkahinya, maka diwajibkan membayar zakat fitrah.

Sebaliknya, orang yang tidak memiliki makanan pada malam dan hari raya Idul Fitri, maka tidak dikenai kewajiban membayar zakat fitrah.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut