get app
inews
Aa Read Next : Viral Kapal Ditumpangi Ratusan Rohingya Terbalik di Tengah Laut Aceh Barat

Bawaslu Nagan Raya Sosialisasikan Pengawasan Pemilu Partisipatif di Sekolah

Sabtu, 23 September 2023 | 13:37 WIB
header img
Bawaslu Nagan Raya Sosialisasikan Pengawasan Pemilu Partisipatif di Sekolah.(iNews/ Afsah).

NAGAN RAYA, iNewsPortalAceh.id- Dalam rangka pengawasan tahapan pemilu serentak yang akan berlangsung pada tahun 2024 mendatang, Bawaslu Kabupaten Nagan Raya melakukan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif untuk siswa di SMK Negeri 1 Kuala Pesisir.

Ketua Panwaslih Nagan Raya, Syarifah mengatakan sosialisasi ini sebagai bentuk pengawasan partisipatif pemilih pemula bagi remaja intelektual dan diharapkan harus mampu mengikuti politik yang bersih sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku.

"Jadi para siswa nantinya harus mampu menjadi generasi bangsa yang berkarakter dan berjiwa jujur serta berperan aktif dalam menjadi pemilih pemula yang cerdas dan menjadi penyambung tangan kami dalam melaksanakan fungsi pengawasan Pemilu,” kata Syarifah, Sabtu (23/9/2023).

Dalam kegiatan tersebut yang dihadiri Akademisi dari UIN Banda Aceh Nyak Fadhlullah mengatakan bahwa ciri paling mendasar dari sebuah negara demokrasi adalah adanya pemilu, dalam hal ini pastinya pemilu yang jujur dan berkeadilan.

Pembuktiannya lanjutnya adalah semakin tinggi serta semakin kuatnya legal formal pembentukan Bawaslu dari tingkat pusat hingga sampai ke Kab/kota yang awalnya adhoc menjadi permanen.

Fadlullah berpesan kepada para pelajar agar bisa menyaring informasi dari medsos agar terhidar dari hoaks, serta menularkan informasi-informasi yang baik terutama terkait Kepemiluan dan Pengawasan partisipatif.

“Berperan aktif agar dapat membantu agar terbentuknya kebijakan publik yang inklusif dan mewakili seluruh masyarakat, berpartisipati aktif dalm menyebarkan Informasi yang baik baik itu terkait peran pemuda dalam pengawasan pemilu dan lain,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Koordinator Hukum, Pencegahan, Humas dan Parmas Ibnu Sabil, SH dirinya mengajak para siswa-siswi sekolah lanjutan atas, khususnya pelajar di SMKN 1 kuala Pesisir untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan pengawasan Pemilu tahun 2024.

Sebab, pengawasan Pemilu bukan hanya dilakukan oleh Bawaslu saja.Pengawasan Pemilu menjadi tanggung tawab moral kita semua sebagai warga negara indonesia untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaan Pemilu tahun 2024.

“Kami berpesan agar adik siswa(i) untuk dapat menggunakan hak pilih, menjadi pemilih yang cerdas pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.Karena adik adik merupakan generasi penerus bangsa yang akan menjadi pemimpin dimasa yang akan datang,” pungkas Ibnu Sabil.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut