get app
inews
Aa Read Next : Viral Kapal Ditumpangi Ratusan Rohingya Terbalik di Tengah Laut Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Siapkan Rp3,89 Miliar untuk Peningkatan Jalan

Sabtu, 23 September 2023 | 16:02 WIB
header img
Pemkab Aceh Barat Siapkan Rp3,89 Miliar untuk Peningkatan Jalan.(iNews/ Afsah).

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.id - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat telah menyiapkan anggaran sebesar Rp3,89 Miliar untuk peningkatan badan jalan di sejumlah kawasan yang ditargetkan tuntas hingga akhir 2023.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Barat, Dr Ir Kurdi, S.T, M.T, menyampaikan, peningkatan jalan berupa pengerasan dan pengaspalan tersebut untuk membuka akses kawasan zona ekonomi dan sentra pendidikan di Kecamatan Meureubo.

"Kegiatan yang kita lakukan ini sebagai upaya kita dalam mempermudah akses jalan, sehingga dengan diaspal mobilisasi masyarakat yang melintas semakin nyaman serta cepat," kata Dr Kurdi, Jum'at (22/9/2023).

Pembangunan jalan tersebut meliputi peningkatan jalan Tugu Universitas Teuku Umar (UTU) - Korem 012/ Teuku Umar, Alu Penyareng, Kecamatan Meureubo. Kemudian peningkatan jalan Balee - Reudeup - Buloh - Bukit Jaya.

Selanjutnya jalan Desa Ujong Drien, peningkatan jalan Reudep - Pucok Reudeup - Muko, dan jalan disamping kampus Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Meulaboh.

"Apalagi di Kecamatan Meureubo ini akan menjadi zona ekonomi dan pendidikan mengingat disini juga tersapal tiga kampus negeri dan juga ada kampus swasta," ujarnya.

Untuk rencana pekerjaan tersebut telah dilakukan peninjauan lapangan yang dilakukannya bersama sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat asal daerah pemilihan setempat.

Dr Kurdi menjelaskan, untuk ruas jalan Balee - Reudeup - Buloh - Bukit Jaya akan diaspal sepanjang 500 meter pada tahap tertama dan dimulai dari Bukit Jaya.

Untuk ruas jalan ini Pemkab Aceh Barat mengalokasikan dana sebesar Rp875 Juta dengan rekanan pelaksana yakni CV Azzam Pratama.

"Untuk ruas jalan Balee-Reudeup-Buloh- Bukit Jaya ini pada tahap pertama dengan panjang 500 meter, pengerasan dan aspal. Kegiatan dimulai 20 September 2023 kita targetkan selesai 18 Desember 2023," kata Dr Kurdi.

Untuk ruas jalan dari titik Tugu UTU-Korem 012 Teuku Umar kata dia, pihaknya mengalokasilan anggaran sebesar Rp1,9 Miliar dengan panjang pengaspalan 570 Meter pada tahun ini dan ditargetkan usai 14 November 2023.

Sedangkan waktu pelaksanaan telah dimulai 19 Mei 2023 dengan rekan pelaksana CV Pasi Raja CO.

Selanjutnya, kata Dr Kurdi, pihaknya juga melakukan pengaspalan di kasawan pemukiman warga Desa Ujong Drien dengan panjang diperkirakan 250 meter dengan anggaran Rp278 Juta dan ditargetkan usai 23 Desember 2023, denga rekan pelaksana CV Segitiga Jaya Utama.

"Untuk peningkatan ruas jalan Reudeup-Pucok Reudeup-muko itu kita alokasikan anggaran Rp443 Juta dan targetnya 23 Desember usai, untuk rekanannya itu PT Vermia Trijaya Persada," sebut Dr Kurdi.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut