get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Gegara Token Listrik Dua Saudara Saling Bacok Pakai Parang di Aceh Tengah

Lagi Gajah Sumatra Ditemukan Mati di Desa Karang Ampar Aceh Tengah

Sabtu, 09 Maret 2024 | 19:36 WIB
header img
Lagi Gajah Sumatra Ditemukan Mati di Desa Karang Ampar Aceh Tengah.(iNews / Yusriadi Yusuf).

ACEH TENGAH, iNewsPortalAceh.id - Sebuah peristiwa menyedihkan kembali terjadi di Desa Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, di mana seekor Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatrensis) yang merupakan satwa yang dilindungi ditemukan mati.

Penemuan ini terjadi sekitar dua kilometer dari lokasi sebelumnya, di mana ditemukan bangkai gajah betina yang diperkirakan berusia empat tahun pada 9 Juni 2023 lalu.

Ketua Tim Pemantau Flora dan Fauna ( TPFF) Aceh Tengah, Muslim, mengatakan, ia mendapat informasi dari warga setempat tentang keberadaan gajah mati.

Dengan cepat, Muslim menuju lokasi untuk memastikan kebenaran informasi yang diterimanya. Di sana, ia mendapati tubuh gajah tergeletak tertutup oleh semak dan kayu.

Meskipun tidak dapat memastikan jenis kelamin gajah tersebut karena tidak berani mendekati, Muslim menyimpulkan bahwa kondisi tubuh gajah tampaknya sengaja ditutup oleh seseorang agar tidak terlihat.

"Melihat dari kondisi tertutup ranting kayu dan dedaunan sepertinya tubuh gajah itu sengaja di tutup seseorang agar tidak terlihat," kata Muslim.

Dia segera melaporkan temuannya ke kepala desa setempat dan menghubungi pihak kepolisian serta BKSDA Aceh.

Kejadian ini menyoroti urgensi perlindungan gajah Sumatra, yang merupakan satwa dilindungi dan keberadaannya semakin terancam.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut