Kadis DLH Aceh Selatan : Menyarankan Penghijaun Sekolah Ditanami Tanaman Pala Walaupun Sebatang

Ichdar Ifan
Kadis DLH Aceh Selatan : Menyarankan Penghijaun Sekolah Ditanami Tanaman Pala Walaupun Sebatang.(Ichdar Ifan).

ACEH SELATAN, iNewsPortalAceh.id-Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis sekolah Adiwiyata yang dilaksanakan di aula Dinas DLH, Selasa (22/11) di Tapaktuan.

Sekolah Adiwiyata merupakan program sekolah peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah.

Adanya program Adiwiyata diharapkan seluruh murid dan guru serta masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau, bersih dan indah adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita. 

Bimbingan Teknis Sekolah Adiwiyata diikuti oleh 12 Sekolah yang telah dibina dan didampingi dalam tahun 2022.

Proses pelatihan bimbingan berlangsung dengan baik dan peserta aktif mengikutinya sampai dengan selesai pukul 13.00 WIB, Acara dipandu oleh Syairul Basni dan bertindak sebagai narasumber Asrimaida, ST Kabid Tata Lingkungan DLH Aceh Selatan.

Dalam arahannya Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Selatan Teuku Masrizar, S.Hut., M.Si, menyampaikan bahwa persoalan dan issue lingkungan hidup saat ini telah menjadi issue global dan sentral dalam setiap pertemuan tingkat dunia.

Bahkan pada 28 Juli 2022 lalu, majelis umum PBB telah mengeluarkan resolusi bahwa setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang bersih, sehat dan berkelanjutan.

Jauh sebelum resolusi ini dalam konstitusi kita telah dijelaskan pada Pasal 28 H Ayat (1) UUD 1945 yaitu Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan, ujar Kadis.

Dalam sambutan Lebih lanjut Teuku Masrizar berpesan, dalam kegiatan penghijauan sekolah kami menyarankan agar bisa ditanami Tanaman Pala walaupun hanya sebatang.

Ini merupakan tanaman khas dan budaya masyarakat Aceh Selatan. Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Pelaksana Kasputra, ST, menyampaikan bahwa dalam tahun ini kita akan maksimalkan pada pendampingan dan pembinaan, tahun 2023 kita akan mulai melakukan penilaian terhadap sekolah adiwiyata,"ungkap Kasputra.

Materi Bintek Sekolah Adiwiyata secara umum untuk membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Disamping itu juga tujuan khusus Untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan," Tutup Asrimaida, ST.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network