get app
inews
Aa Read Next : Semarak Kerawang Gayo di Sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Takengon Ke-447

Meriahkan HUT Kemerdekaan RI, Bapak-bapak di Aceh Tenggara Ikut Lomba Parut Kelapa Tradisional

Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:43 WIB
header img
Lomba memarut kelapa memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 di Desa Kuta Bantil, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara. (Foto: iNews TV/Medi Arjuna).

ACEH TENGGARA, iNews.id - Lomba memarut kelapa dalam rangka meriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 di Desa Kuta Bantil, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara.

Uniknya, Lomba memarut kelapa yang diikuti Sepasang suami istri itu bukan pakai parutan listrik, melainkan pakai alat tradisional jenis duduk.

"Lomba ini digelar sebagai menyambut peringatan HUT RI ke-77 dan sekaligus mengenang jasa Pahlawan bangsa ketika merebut kemerdekaaan RI," kata Kepala Desa Kuta Bantil, Feri Rahman Guntara kepada wartawan saat ditemui disela perlombaan, Rabu (17/8/2022).

Dijelaskan Feri, Lomba parut kelapa yang diikuti para Bapak dan ibu sepasang suami istri ini bertujuan sebagai upaya mengenalkan kembali parutan kelapa tradisional jenis duduk yang mulai ditinggalkan masyarakat, menyusul adanya parutan kelapa listrik yang dinilai lebih cepat.

"Perlombaan ini sengaja kita gelar untuk membangkitkan kembali parutan tradisonal yang mulai ditinggalkan masyarakat," jelas Feri.

Dengan demikian, kata Feri diharapkan perlombaan menyambut HUT RI tahun ini dapat memperkuat tali silatuhrahmi dan membangun kerjasama anatara warga di wilayah tersebut.

"Diharapkan dengan diselenggarakan perlombaan ini, silatuhrahmi antara warga semakin terjalin dengan baik, selain untuk memeriahkan HUT RI, lomba ini juga untuk memaknai arti perjuangan para Pahlawan terdahulu," imbuh Feri.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut