get app
inews
Aa Read Next : Hasil Arisan Guru, SMPN 1 Meureudu Sembelih 3 Ekor Sapi Kurban Dibagikan untuk Anak Yatim

Ternak Terinfeksi LSD Meningkat Drastis di Aceh Singkil

Selasa, 13 September 2022 | 10:07 WIB
header img
Vaksinasi Ternak Sapi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, oleh dinas Perkebunan dan Peternakan Pidie Jaya.(Foto : iNews/ Jamalpangwa).

ACEH SINGKIL, iNewsPortalAceh.id - Dalam seminggu belakangan jumlah ternak yang terinfeksi LSD di Kabupaten Aceh Singkil meningkat drastis pemerintah setempat lakukan upaya pengobatan, Selasa (13/09/2022).

Tak tanggung - tanggung dalam seminggu terakhir saja ternak warga di Kabupaten Aceh Singkil yang terinfeksi LSD.

Lumpu Skin Disease (LSD) merupakan penyakit yang disebabkan virus dan menyerang ternak seperti sapi dan kerbau, penularan l-s-d dapat terjadi melalui, kontak lesi kulit, darah, leleran hidung dan mata, air liur, semen dan susu serta melalui perantara yaitu melalui perlengkapan yang terkontaminasi bahkan melalui nyamuk.

Saat ini sebanyak 30 ternak di Kabupaten Aceh Singkil yang sudah terdata terinfeksi LSD, sementara seminggu lalu hanya 9 ternak saja yang terinfeksi.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Aceh Singkil, Hari Cahyono, mengatakan hingga saat ini pihaknya masih melakukan upaya pengobatan dan vaksin terhadap ternak - ternak itu.

Ia menambahkan meningkatnya angka ternak yang terinfeksi itu salah satunya disebabkan lantaran pemeliharaan ternak itu masih di lepas.

Saat ini pihaknya juga secara perlahan memberikan edukasi terhadap peternak bagaimana pemeliharaan ternak yang baik/ sehingga terhindar dari penyakit ternak baik PMK maupun LSD.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut