get app
inews
Aa Read Next : Piala Asia U-23 2024, Hasil Babak Pertama Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Uzbekistan U-23 Skor 0-0

Sejumlah Lokasi Wisata Bawah Laut Terindah di Indonesia,Bahka Airnya Bergradasi Biru Paling Diincar

Kamis, 24 November 2022 | 08:33 WIB
header img
Wisata Bawah Laut Terindah di Indonesia (Foto: Instagram@hvtrip)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Ada banyak wisata bawah laut terindah di Indonesia yang selalu menggoda untuk dijelajahi. Ya, Indonesia sebagai negara kepulauan tentunya punya banyak destinasi wisata bawah laut yang harus dikunjungi sekali seumur hidup.

Tak hanya banyak, tetapi keindahan alam bawah laut Indonesia juga jadi pujaan wisatawan mancanegara (wisman).

Banyak spot diving dan snorkeling di berbagai pulau di Indonesia yang menawarkan dunia bawah laut yang memukau dengan beragam biota laut yang beragam.

Sebut saja salah satu tempat wisata bawah laut terindah di Indonesia yang paling terkenal adalah Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara.

Selain Bunaken masih banyak pesona bawah laut di Indonesia yang eksotis. Penasaran ada di mana saja?

Berikut ulasan lima wisata bawah laut terindah di Indonesia yang wajib dikunjungi. Dirangkum pada Senin (21/11/2022).

1. Teluk Belongas.

Wisata bawah laut terindah di Indonesia yang pertama wajib dikunjungi adalah Teluk Belongas. Terletak di salah satu sudut di pesisir pantai Selatan Pulau Lombok, teluk ini menyuguhkan wisata bawah laut tak terlupakan bagi para wisatawan yang memiliki kegemaran untuk menyelam.

Berada di sini, wisatawan bisa melihat hiu martil (Hammerhead). Teluk Belongas bisa dikatakan sebagai titik paling ekstrem yang ada di Indonesia.

Selain itu, penyelam juga bisa melihat berbagai macam jenis dan warna ikan, ditambah barisan terumbu karang yang membuat pemandangan semakin memesona.

Teluk Belongas menghadap Samudera Hindia. Di mana bentuk pantainya melengkung dengan pasir putih yang indah. Karakter dari perairan di pantai ini juga cukup tenang.

Selain pemandangan bawah lautnya, di sekitar pantai terdapat beberapa bukit-bukit kecil yang bisa dijelajahi untuk melihat pemandangan menakjubkan teluk Belongas dari ketinggian.

2. Derawan.

Wisata bawah laut terindah di Indonesia yang wajib dikunjungi berikutnya ada Derawan. Tak jauh berbeda dengan keindahan bawah laut dari ketiga tempat di atas, wisata laut terindah di Indonesia lainnya yang harus Anda datangi adalah pulau Derawan yaitu kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Salah satu objek wisata unggulan di sini adalah Taman Bawah Laut. Selain pemandangan terumbu karangnya yang indah, Di kepulauan Derawan terdapat ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting seperti terumbu karang, padang lamun dan hutan baku.

Ada beragam spesies yang dilindungi berada di kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda. Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal.

3. Raja Ampat, Papua.

Raja ampat merupakan destinasi wisata yang menawarkan ragam biota laut yang memesona. Warna-warni terumbu karang yang dijadikan sebagai rumah-rumah para ikan, dengan pemandangan atas laut berupa alam tropis menjadi daya tarik bagi wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 tempat menyelam terbaik yang dimiliki di dunia. Bahkan, diakui sebagai perairan nomor satu di dunia yang memiliki flora fauna terlengkap di dunia.

4. Karimunjawa.

Wisata bawah laut terindah di Indonesia selanjutnya ada Karimunjawa. Karimunjawa merupakan laut yang termasuk dalam kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Keindahan laut Karimunjawa bukanlah hal baru.

Tempat ini sudah terkenal dan selalu menjadi tujuan bagi para pelancong lokal dan turis asing. Pasir pantainya yang putih bersih dan warna air laut yang memiliki gradasi biru, tosca, dan bening tentu saja menghipnotis siapa pun yang memandang laut ini.

Karimunjawa yang ditetapkan pemerintah sebagai Taman Nasional ini menjadi rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias.

Untuk mencapai pulau ini, Anda bisa menggunakan kapal dari Semarang berangkat dari pelabuhan Tanjung Emas, Kapal Kartini I. Sedangkan dari Jepara menggunakan kapal Muria, dari pelabuhan Jepara.

Untuk menikmati keindahan bawah laut Karimunjawa wisatawan bisa melakukan beberapa kegiatan seperti snorkeling dengan harga Rp15.000 saja, atau diving Rp25.000. Harga ini dapat berubah-ubah.

5. Perairan Dalam, Kepulauan Banda.

Wisata bawah laut terindah di Indonesia terakhir yang perlu dikunjungi adalah Kepulauan Banda.

Taman Wisata Perairan (TWP) Laut Banda terletak kurang lebih 132 km sebelah Tenggara Ambon. Secara administratif termasuk ke dalam Kecamatam Banda, Maluku Tengah.

Keindahan laut di pulau-pulau timur di Indonesia ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi keindahannya.

Salah satu surga bawah laut yang ada di Maluku ini memiliki 300 spesies karang dan 7 spesies ikan lamun yang ada di kawasan TWP laut Banda. Perairan ini juga menjadi rumah lebih dari 600 spesies ikan lamun dan karang.

Untuk menikmati surga bawah laut Maluku ini, Anda perlu mencoba melakukan diving atau snorkeling di kawasan TWP.

Selain itu, kawasan ini sering dijadikan sebagai tempat penelitian dan konservasi untuk terumbu karang yang hidup di perairan tersebut.

Waktu yang tepat untuk mengarungi Laut Banda yaitu dimulai dari Maret - Mei, serta September - November.

Untuk mencapai perairan Banda, Anda bisa menaiki kapal ferry dari Ambon dengan jarak tempuh kurang lebih satu malam.

Itulah 5 wisata bawah laut terindah di Indonesia yang wajib dikunjungi sekali seumur hidup.

Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu laut dari daftar di atas?

Penting untuk setiap orang menjaga keberlangsungan hayati di lingkungan sekitar, salah satunya seperti wisata yang ada di bawah laut.

Tidak sembarangan membuang sampah, serta tak mengganggu habitat dari biota laut yang ada, akan menjaga keindahan suatu tempat dalam jangka waktu lebih panjang.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut