get app
inews
Aa Read Next : 20 Ulama Kharismatik di Aceh Terima Santunan Infak Secara Simbolis dari Pj Bupati

50 Hektare Tanaman Padi di Pidie Jaya Aceh Diserang Hama Wereng dan Tikus

Rabu, 30 Agustus 2023 | 19:14 WIB
header img
50 Hektar Tanam Padi di Pidie Jaya Aceh Diserang Hawa.(iNews/ Jamalpangwa).

PIDIE JAYA, iNewsPortalAceh.id - Sejumlah petani padi menjerit di Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, pasalnya sekitar 50 hektare lebih lahan tanaman padi berusia 45 hari kini di serang hawa wereng dan hama tikus.

Namun serangan hama tersebut baru di ketahui oleh pihak dinas di saat tanaman berusia 45 hari lebih di perkirakan kerusakan mencapai lima puluh hektare lebih tanaman padi warga.

Serangan hama terhadap tanaman padi sudah rutin terjadi setiap tahunnya di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, serangan hama tersebut diperkirakan karena beberapa faktor diantaranya pemilihan benih atau bibit yang tidak bersertifikat serta musim tanam yang tidak serentak.

Selain hama wereng yang terdapat di Kecamatan Bandar Baru yang meliputi tiga gampong yaitu Kaye Jatoe, Blang Sukon dan Sarah Payang.

Selain hama wereng saat ini juga mulai adanya serangan hama tikus, namun belum begitu parah sehingga bisa di atasi dengan cepat.

Untuk areal serangan hama seluruh Kabupaten Pidie Jaya di perkirakan mencapai lima puluh hektar baik serangan hama wereng maupun hama tikus.

Salah satu cara mengatasi hama wereng tersebut dengan melakukan penyemprotan massal yang dilakukan di bawah jam delapan pagi dimana di jam tersebut hama penyakit masih bersarang dalam daun sehingga sangat ampuh dilakukan penyemprotan.

Sementara itu Rusdi, selaku Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Pidie Jaya pada Rabu (30/09/2023) menyebutkan untuk antisipasi hama tersebut besok pagi akan dilakukan penyemprotan massal ke tiga gampong tersebut.

Sementara obat semprot akan disediakan oleh dinas pertanian.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut