get app
inews
Aa Read Next : 81 Panwaslihcam Aceh Utara Dilantik, Pj Bupati Ingatkan Jangan Terlibat Politik Praktis

Aceh Utara Siap Sambut Kirab Api PON Ke-21

Jum'at, 23 Agustus 2024 | 06:15 WIB
header img
Aceh Utara Siap Sambut Kirab Api PON Ke-21.(Dok Kingli).

ACEH UTARA, iNewsPortalAceh.id -Pemerintah Kabupaten Aceh Utara siap menyambut iring-iringan dan menyemarakkan kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 yang akan melintasi daerah ini pada tanggal 2 – 3 September 2024.

Prosesi penyambutan akan dimulai di kota perbatasan sebelah timur Aceh Utara, yakni di Kota Pantonlabu, tepatnya di pelataran Masjid Raya Pase Pantonlabu.

“Rencana penyambutan kita lakukan di sekitar Masjid Raya Pase Pantonlabu karena rombongan kirab dating dari Kota Idi, Kabupaten Aceh Timur, dan tiba di Pantonlabu sudah menjelang Magrib pada tanggal 2 September 2024,” ungkap Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara Fauzan, SSos, MAP.

Hal itu disampaikan Fauzan saat memimpim rapat Koordinasi Persiapan Kirab Api PON Ke XXI 2024, berlangsung di Oproom Kantor Bupati di Landing Kecamatan Lhoksukon, Kamis, 22 Agustus 2024.

Dijelaskan, peserta kirab api PON tiba di Aceh Utara pada tanggal 2 September 2024.

Peserta iring-iringan kirab dari Provinsi pada siang hari tersebut bergerak dari Aceh Timur menuju Aceh Utara, dan tiba di perbatasan Aceh Utara sekitar pukul 18.00 WIB.

Mereka nantinya akan disambut oleh Pj Bupati Aceh Utara dr Mahyuzar, MSi, beserta para pejabat Forkopimda.

Dari titik perbatasan, peserta kirab akan diarahkan untuk menuju ke pelataran Masjid Raya Pase Pantonlabu dengan berjalan kaki, sekaligus menunggu untuk menunaikan shalat Magrib.

Seusai shalat Magrib, peserta kirab kemudian akan berangkat menuju kawasan ibukota Aceh Utara di Lhoksukon, dan dilakukan penyambutan di kantor Bupati di Landing.

Di sini mereka akan dijamu makan malam oleh Pemkab Aceh Utara. Seusai perjamuan mereka menuju tempat penginapan di kawasan Kota Lhoksukon.

Besoknya, pada tanggal 3 September 2024, Pemkab Aceh Utara akan menggelar upacara khusus untuk prosesi pelepasan kirab api PON yang berlangsung di lapangan upacara Landing.

Di sini arak-arakan api PON dimulai untuk selanjutnya menuju ke wilayah Kota Lhokseumawe.

Selain para pejabat daerah, kirab api PON di sepanjang jalan nasional kawasan Aceh Utara juga akan diramaikan oleh para siswa dan pelajar.

Dari Landing kirab api PON menuju Kecamatan Syamtalira Bayu (perbatasan dengan wilayah Kota Lhokseumawe).

Plh Sekda Fauzan, SSos, MAP, sangat mengharapkan adanya partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk turut menyemarakkan kirab api PON.

Hal itu dapat dilakukan, misalnya dengan mamasang umbul-umbul di jalan nasional di gampong masing-masing yang dilalui peserta kirab.

Lebih semarak lagi jika bisa meramaikan pinggiran jalan nasional saat peserta kirab lewat.

Lebih lanjut, Fauzan menjelaskan bahwa pelaksanaan PON ke-21 akan berlangsung pada tanggal 8 s/d 20 September 2024.

Khusus di Aceh Utara terdapat dua cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yaitu Cabor terbang laying dan Cabor paramotor, yang mengambil lokasi di bandara Malikussaleh.

Fauzan mengajak segenap komponen masyarakat ikut mendukung dan menyemarakkan agenda PON ke-21 dimaksud.

Dijelaskan juga bahwa untuk cabor paramotor pertandingannya lebih cepat, yakni pada tanggal 29 Agustus sampai 9 September sudah dimulai.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut