get app
inews
Aa Read Next : Ketua Panwaslih Bener Meriah Ingatkan Peserta Pemilu: Hentikan Aksi Money Politik

Ketua Panwaslih Aceh Singkil Tanggapi Kritikan DPP BEM-TR, Begini Katanya

Senin, 21 Oktober 2024 | 13:14 WIB
header img
Ketua Panwaslih Aceh Singkil, Irwansyahrizal.(Dok Ist).

ACEH SINGKIL, iNewsPortalAceh.id - Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Singkil, Irwansyahrizal, menanggapi kritik yang disampaikan ketua Dewan Pimpinan Pusat Barisan Intelektual Muda Tanah Rencong (DPP BEM-TR) terhadap dugaan banyaknya permasalahan yang terjadi pada rekrutmen Panitia Pengawas Lapangan (PPL) di Kecamatan Gunung Meriah.

Terhadap dugaan adanya permasalahan pada kelulusan panitia pengawas lapangan desa Blok 18 yang disampaikan ketua DPP BEM-TR, Irwansyahrizal menyebut pihaknya belum mendapat laporan.

"Terhadap dugaan permasalahan yang di sampaikan terkait Panitia Pengawas Lapangan (PPL) blok 18, kami belum mendapat laporan, jika memang sebelumnya laporan sudah kami terima pasti akan di tindak," kata Irwansyahrizal, Senin (21/10/2024).

Sementara terhadap keputusan rotasi ketua Panwaslihcam Gunung Meriah yang juga mendapat kritikan keras oleh DPP BEM-TR itu, Irwansyahrizal mengatakan bahwa itu hasil keputusan pleno.

"Penindakan yang dilakukan yaitu melakukan rotasi, dimana ketua Panwaslihcam Gunung Meriah yang sebelumnya, di rotasi menjadi anggota," jelasnya.

Ditambahkannya, rotasi itu dilakukan berdasarkan hasil keputusan pleno Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Aceh Singkil.

Sebelumnya, Ketua umum DPP BEM-TR menyoroti rekrutmen PPL pada sejumlah desa di Kecamatan Gunung Meriah yang diduga masih bermasalah.

"Hingga saat ini, kami duga masih terdapat PPL hasil rekrutmen beberapa waktu lalu yang juga bermasalah, terkhusus di Kecamatan Gunung Meriah," Sebut Riski, Sabtu (19/10/2024).

Salah satu contoh, tambah Riski, seperti yang terjadi di desa Blok 18, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Propinsi Aceh.

"Berdasarkan data yang kami dapatkan, Panitia Pengawas Lapangan (PPL) yang lulus di Desa blok 18 itu bukan merupakan pendaftar di desa tersebut, namun yang lulus merupakan pendaftar di desa lain," terang Riski.

Dilanjutkannya, pada pengumuman waktu itu, hanya satu orang yang akan mengikuti tes wawancara di desa blok 18 itu. namun mirisnya, saat pengumuman kelulusan, PPL blok 18 yang lulus bukan merupakan pendaftar di Desa itu.

"Banyaknya permasalahan yang terjadi pada rekrutmen PPL di Kecamatan Gunung Meriah ini tentu menjadi pertanyaan besar bagi kita semua, kami menduga rekrutmen PPL tersebut merupakan sarat kepentingan bagi sejumlah oknum," tegas Riski.

Kami menduga, tambahnya, ini bukan hanya sekedar kesalahan administrasi, namun kami menduga ini merupakan kesengajaan oleh oknum - oknum tertentu.

"Kami meminta agar pihak terkait, baik APH atau Gakkumdu serta panwaslih Kabupaten Aceh Singkil agar segera melakukan tindakan tegas terhadap oknum yang bermain pada rekrutmen PPL itu," pintanya.

Apalagi informasi yang kita terima, lanjutnya, sempat ada laporan dari salah seorang peserta PPL ke Panwaslih Kabupaten bahwa adanya dugaan tindakan pungli pada rekrutmen PPL tersebut.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut