get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Bersama Puluhan Personel Tinjau TKP Kematian Gajah Liar Tersengat Listrik di Aceh

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Kapolres Aceh Selatan jadi Inspektur Upacara

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 14:13 WIB
header img
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Kapolres Aceh Selatan jadi Inspektur Upacara.(Foto:iNews/Ichdar IFan).

ACEH SELATAN, iNewsPortalAceh.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 Tahun 2022, bertempat di Halaman Kantor Bupati lama, Jumat (28/10/2022).

Bertindak sebagai Inspektur upacara Sumpah Pemuda Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru S.I.K, Perwira Upacara Kadis Pora H.Rustam, SE. MM, Komandan Upacara Azwar.

Upacara HUT Sumpah pemuda juga di hadiri, Forkopimda, Sekda Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S STP, Unsur TNI/Polri, Kepala SKPK, ASN dilingkungan Pemkab Aceh Selatan, Pramuka, KNPI, Para pelajar dan Mahasiswa serta undangan lainnya.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru S.I.K membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah raga Republik Indonesia, menyampaikan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan primodial suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor kelemahan.

Lanjutnya, sejarah menjelaskan bahwa pilihan pemuda pada saat itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan, peringatan hari sumpah pemuda memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada, bersama dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Peringatan Sumpah Pemuda ini mengangkat tema"Bersatu Bangun Bangsa", tema ini memberikan pesan bahwa bersatu padu adalah harga mati untuk membangun ketangguhan.

Beliau juga mengatakan, Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, apa yang dilakukan oleh pemuda dimasa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang, ujar Kapolres.

"Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi diberbagai bidang yang membagakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional, hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia dimasa yang akan datang. Ungkap beliau.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut