get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Perempuan Cantik Melly Puspita, Anak Penjual Bubur Lulus Predikat Cumlaude dari ITB

Tak Tahan Bau Sampah, Ratusan Mahasiswi Kampus IAIN Aceh Tengah Ancam Mogok Kuliah

Rabu, 30 Agustus 2023 | 19:56 WIB
header img
Tak Tahan Kampus Bau Sampah,Ratusan Mahasiswi IAIN Ancam Mogok Kuliah.(Foto: Erwin).

TAKENGON, iNewsPortalAceh.id-Ratusan mahasiswi IAIN Takengon mengancam mogok kuliah akibat bau busuk dari TPA yang berdekatan dengan kampus Genting Gerbang di Desa Muliye Jadi, Kecamatan Silih Nara, Aceh Tengah.

Dalam orasi di halaman kampus Ujung Geregung, mahasiswa IAIN Takengon ini menyampaikan keluhannya terhadap bau menyengat tersebut sangat mengganggu mereka.

Latif Ruhdi salah satu mahasiswa yang terlibat dalam aksi tersebut saat berorasi meminta kepada pimpinan kampus agar meniadakan kegiatan belajar mengajar di kampus Genting Gerbang.

"Kami mahasiswa IAIN Takengon menolak untuk berkampus di genting gerbang. Kampus elit fasilitas sulit," teriak Latif saat berorasi.

Latif juga meminta pihak biro berkantor di gedung kampus Genting Gerbang agar merasakan apa yang di keluhkan mahasiswa disana.

"kami mahasiswa ngampus di tempat sampah, sedangkan biro berkantor di kota, mau nya mereka pun berkantor di Genting biar mereka tau bagai mana busuk nya aroma sampah disana," teriak Latif.

Selain mengeluhkan bau tidak sedap, para mahasiswa ini juga mengkritik kurangnya perhatian pihak kampus terhadap kondisi bangunan kampus di Genting Gerbang yang banyak mengalami kerusakan.

Seperti yang diungkap Muhammad Husaini, ia mengatakan jangan sampai insiden plafon jatuh saat berlangsung proses belajar mengajar seperti beberapa waktu lalu terulang kembali.

Ia juga menyoroti beberapa fasilitas lain yang sudah seharusnya direhap.

"Bangunan nya sudah tidak layak, plafon nya kemarin sudah pernah roboh, bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Beberapa fasilitas lain juga sudah banyak yang rusak,"ungkapnya.

Beberapa mahasiswa menganggap kondisi bangunan kampus sudah mengkhawatirkan dan meminta pihak berwenang untuk memindahkan proses belajar mengajar ke lokasi lain, seperti Kampus di Jalan Yosudarso.

Dalam aksi tersebut mahasiswa memperingatkan bahwa jika tuntutan mereka tidak diperhatikan, mereka siap melakukan mogok kuliah sebagai bentuk protes.

"Kami mahasiswa akan terus mengawal permintaan pindah kampus, jika tidak di indahkan kami akan datang lagi dengan masa yang lebih banyak lagi," ucap nya.

Sementara itu, saat dihubungi melalui telepon genggam, Rektor IAIN Takengon, Zulkarnain, belum memberikan tanggapan terkait keluhan yang disampaikan oleh mahasiswa.

Dalam respons singkatnya, ia menyatakan, "Maaf, saya sedang dinas luar. Nanti kalau udah luang kami infokan."

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut