get app
inews
Aa Read Next : TNI Korem 011 LW dan Denbekang Bagi-bagi Takjil Minggu Pertama Ramadhan di Lhokseumawe

RSUD dr. Fauziah Bireuen Kini Miliki Dokter Konsultan Bedah Digestif Pertama

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 17:26 WIB
header img
RSUD dr. Fauziah Bireuen Kini Miliki Dokter Konsultan Bedah Digestif Pertama.(iNews/ Musriadi).

BIREUEN, iNewsPortalAceh.id- Usai menempuh jenjang pendidikan bedah konsultan digestif di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, selama 3 tahun, dr Nasrul Haidi SpB Subsp BD(K), satu-satunya dokter konsultan bedah digestif pertama yang dimiliki oleh RSUD dr. Fauziah Bireuen, akan segera bertugas kembali.

dr Nasrul Haidi yang sebelumnya juga dokter spesialis bedah di RSUD dr. Fauziah Bireuen ini merupakan putra terbaik kabupaten Bireuen yang memiliki bakat dan keahlian khusus dalam menyelesaikan setiap masalah yang dialami pasien di rumah sakit pelat merah itu.

Anak pertama dari pasangan Purnawirawan Bripka M. Nasir dan Alm Nurhayati itu, mulai mengabdi di RSUD dr. Fauziah Bireuen pada tahun 2008 lalu setelah lulus Pendidikan kedokteran di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Abulyatama,.

Setelah 5 tahun mengabdi Kemudian, melanjutkan Pendidikan bedah umum di Universitas Syiah Kuala pada tahun 2013 lalu, terakhir di pada tahun 2021.

Ia menempuh jenjang pendidikan bedah konsultan digestif di FK Airlangga Surabaya.

dr Nasrul Haidi saat dikonfirmasi melalui telpon genggamnya, jumat (06/10/23) mengatakan dirinya baru saja mengikuti prosesi pelantikan dokter subspesialis/konsultan bedah digestif pada rabu 4 Oktober 2023 kemarin.

Ia mengatakan, setelah selesai mengikuti serangkaian pelantikan dan menyelesaikan proses administratif akan segera bertugas kembali di RSUD dr. Fauziah Bireuen.

“Syukur alhamdulillah, saya baru siap dilantik kemarin, dan ini tengah melakukan persiapan untuk kembali ke Bireun, Insya Allah tanggal 16 Oktober nanti sudah mulai bertugas kembali di rumah sakit umum" ujarnya.

Ia menjelaskan, dokter bedah konsultan digestif adalah dokter bedah yang berspesialisasi untuk mengatasi berbagai macam gangguan pada saluran pencernaan, yaitu mulai dari kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, rektum, hati, pankreas, dan kantung empedu, baik kelainan bawaan, kelainan di dapat saat dewasa, trauma dan lain sebagainnya.

Nasrul berharap, dengan kembalinya ia mengabdi kembali di RSUD dr. Fauziah Bireuen pemerintah daerah dapat membantu menyediakan sejumlah peralatan bedah yang memadai sehingga dapat memudahkan dirinya dalam membantu pasien nantinya.

"Untuk menunjang dalam menjalankan tugas yang maksimal kita sangat bergantungan dengan alat bantu operasi, minimal invasif seperti alat laparascopy,” tutup Nasrul.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Fauziah Bireuen, dr. Amir Addani, M Kes, menyabut baik atas kembalinya salah seorang dokter rumah sakit yang ia pimpin.

"Dengan kembalinya dr. Nasrul Haidi maka RSUD dr. Fauziah Bireuen telah memiliki 6 orang dokter subspesialis/konsultan yang membidangi jurusan masing-masing dan kita berharapkan dengan banyaknya dokter subspesialis dapat meningkatkan kemajuan rumah sakit." Harap dr. Amir saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Menurut dr. Amir selama ini RSUD dr, Fauziah Bireuen tidak miliki dokter subspesialis/konsultan bedah digestif.

“Selama dua tahun terakhir untuk mengatasi persoalan bedah digestif rumah sakit kita terpaksa kita datangkan dokter dari banda aceh,” pungkas dr Amir.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut