get app
inews
Aa Read Next : Danrem dan Ketua Persit Bersama Istri Prajurit Korem 011 Lilawangsa Gelar Syukuran HUT Ke78 Persit

555 Prajurit Satgas Yonif 116/GS Siap Bertugas di Papua Selama 9 Bulan

Senin, 11 Desember 2023 | 18:45 WIB
header img
555 Prajurit Satgas Yonif 116/GS Siap Bertugas di Papua selama 9 bulan.(iNews/ Afsah).

MEULABOH, iNewsPortalAceh.id-Danrem 012/TU Kolonel Inf Deni Gunawan memimpin upacara dan penyerahan bendera perang sebagai tanda pelepasan 555 prajurit terpilih dalam Satgas Pam Obvitnas PT Freeport Indonesia.

Upacara ini berlangsung di lapangan Mayonif 116/GS, Desa Ujong Tanoh Darat, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Dalam sambutannya, Danrem menekankan pentingnya kesiapan prajurit dalam menerima penugasan di mana pun dan kapan pun.

Penugasan dalam dunia militer merupakan hal biasa yang dapat meningkatkan wawasan dan pengalaman, menjadikan prajurit lebih profesional dan cakap dalam bertugas.

Penugasan Pam Obvitnas PT Freeport Indonesia adalah kebanggaan dan kehormatan.

"Saya selaku Danrem 012/Teuku Umar dan keluarga besar Korem 02/Teuku Umar mengucapkan selamat kepada prajurit Yonif 116/Garda Samudra yang dipercayakan oleh pimpinan TNI, Bangsa, dan Negara untuk melaksanakan tugas ini," terangnya.

Danrem juga memberikan pesan agar prajurit melaksanakan tugas sesuai prosedur tetap, menjaga kesehatan, memahami dan menguasai wilayah penugasan, serta menjaga hubungan baik dengan masyarakat setempat.

Lebih lanjut, ia mengajak prajurit untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah dalam setiap langkah dan perbuatan. Satgas Pam Obvitnas PT Freeport Indonesia, terdiri dari 555 personel, dipimpin oleh Danyonif 116/GS Mayor Inf Novi Widyanto sebagai Dansatgas.

Mereka akan melaksanakan tugas negara selama 9 bulan di Papua. Setelah upacara pelepasan, direncanakan pergeseran pasukan menuju Banda Aceh untuk pelepasan oleh Panglima TNI pada 12 Desember 2023.

Sebelum pelepasan, satuan ini menjalani berbagai tahapan dari tes kesehatan, psikologi hingga latihan pratugas di daerah latihan Beutong, Kabupaten Nagan Raya.

Dan terakhir dilakukan pemeriksaan kesiapan operasi (riksiapops) oleh pejabat utama Mabes TNI, Mabes AD, dan Kodam IM.

Upacara dihadiri oleh PJ Bupati Aceh Barat, Sekda Nagan Raya, unsur forkopimda Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, dan Aceh Jaya, serta para Dansat dan Kabalak jajaran Korem 012/TU, Ketua Persit Koorcabrem 012 beserta pengurus, keluarga prajurit dan tamu undangan lainnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut