get app
inews
Aa Read Next : Satlantas Polres Aceh Selatan tanamkan Kesadaran Berlalu Lintas pada Anak Usia Dini

Satreskrim Polres Pidie Jaya Bersama Dinkes dan KB Melakukan Sidak Ke Apotik dan Toko Obat

Senin, 24 Oktober 2022 | 13:09 WIB
header img
Satreskrim Polres Pidie Jaya Bersama Dinkes dan KB Melakukan Sidak Ke Apotik dan Toko Obat.(Foto : iNews/ Jamalpangwa)

PIDIE JAYA, iNewsPortalAceh.id - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana bersama Satuan Reserse Kriminal Polres Pidie Jaya melakukan inspeksi mendadak ( Sidak) ke sejumlah apotek dan toko obat di Kabupaten Pidie Jaya untuk memastikan obat-obatan dalam bentuk cair (sirup) tidak lagi di jual secara bebas, Senin (24/10/2022) sekitar pukul 10.40 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Pidie Jaya, Eddi Azwar, menyatakan kegiatan tersebut merupakan menindak lanjuti apa yang telah di sampaikan oleh pihak kementerian republik Indonesia tentang larangan peredaran obat jenis cair (sirup).

Pasca di keluarkan nya surat edaran pada 18 Oktober 2022 di mana saat ini hanya tiga jenis yang di larang beredar dan gunakan oleh masyarakat sehingga bisa mengakibatkan gagal ginjal akut pada anak- anak.

"Ini baru pertama kita sidak di apotik ini, dan tidak di temukan obat-obat tersebut di karenakan sebelumnya kita pun sudah mengimbau agar mendengar himbau dari pada pemerintah pusat terkait larangan pengunaan obat sirup," terang Eddi Azwar.

Namun dalam kegiatan sidak kali ini langsung ikut serta Kasat Reskrim Polres Pidie Jaya, Iptu.Dedi Miswar, dan Personil Polisi Polres, mereka melakukan sidak di beberapa toko penjualan obat di pusat Kota Meureudu.

Adapun daftar produk jenis obat yang telah dilakukan pengujian dan dinyatakan mengandung cemaran EG/ DEG melebihi ambang batas aman dan telah di umumkan pada tanggal 20 Oktober 2022 ( berdasarkan data Kemenkes : 102 produk yang di gunakan pasien).

1.Nama produk unibebi cough sirup, bentuk sediaan sirup, pemilik izin edar universal pharmaceutical industries, kegunaan obat batuk.

2. Nama produk unibebi demam sirup, bentuk sediaan sirup, pemilik izin edar universal pharmaceutical industries, kegunaan obat batuk.

3. Nama produk unibebi demam drops, bentuk sediaan drops, pemilik izin edar universal pharmaceutical industries, kegunaan obat batuk.

Menurut Eddi Azwar, kegiatan ini terkait larangan peredaran obat sirup dan cair di Kabupaten Pidie Jaya.

Maka kepala Puskesmas menyiapkan ambulance dan tenaga promkes serta farmasi untuk berkumpul di Polres Pidie Jaya dalam rangka kegiatan Operasi Simpatik dan Edukasi bersama Polres Pidie Jaya ke apotik dan depot obat yang ada di Pidie Jaya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut