Di Aceh 54 Tahfizh Alquran Diwisuda, 5 Diantaranya Hafal 30 Juz Alquran

Redaksi
Di Aceh 54 Tahfizh Al-Quraan di Wisudakan, 5 diantaranya Sudah Hafal 30 Juz Al quraan.(foto : Jamalpangwa-iNews TV)

PIDIE JAYAiNews.id - Dayah Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pidie Jaya, Aceh, kembali melaksanakan wisuda alumni Ke VI tahun ajaran 2021/ 2022,pada Senin (13/06/2022) sekitar pukul 14.00 WIB bertempat di oproom lantai tiga Kantor bupati setempat.

Sementara itu pimpinan Dayah Madrasah Ulumul Qura'an, Tgk. Edi Arman,M.Ag menyebutkan bahwa MUQ Pidie Jaya merupakan sebuah lembaga pendidikan menghafal Alquran yang langsung dibentuk oleh pemerintah Kabupaten Pidie Jaya pada tahun 2017 lalu.

Maka dari tahun 2017 lalu sampai saat ini jumlah santri seluruhnya kini mencapai 245 orang, kemudian dewan guru Ustad dan ustadzah berjumlah 45 orang.

Tgk.Edi Arman menambahkan, jumlah santri yang diwisudakan pada saat ini berjumlah 52 orang, 34 terdiri dari santriwati dan juga 18 orang terdiri dari santriwan.

"Alhamdulillah yang kami muliakan dari seluruh wisudawan dan wisudawati kali ini ada 5 orang yang sudah menghafal 30 juz alquran," sebut Tgk.Edi.

Selain itu, Tgk.Edi Arman, menjelaskan bahwa madrasah ulumul Qura'an Pidie Jaya kali ini juga akan mengirim 8 orang santri untuk mewakili Kabupaten Pidie Jaya mengikuti MTQ di Kabupaten Bener Meriah.

"Pada kesempatan ini juga kami sampaikan pada tahun ini ada 8 orang dari daerah kita mewakili Kabupaten Pidie Jaya untuk mengikuti MTQ di Kabupaten Bener meriah," ungkapnya.

Bahkan Tgk.Edi Arman, menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten Pidie Jaya melalui Dinas Pendidikan dayah yang telah banyak memberikan bimbingan serta arahan dan bantuan fisik maupun non fisik.

Selama ini kemajuan sangat menggembirakan mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat banyak perubahan yang dapat kita lihat secara langsung baik itu dari segi pembangunan tahun ini.

"Alhamdulillah pbangunan satu mushala dan asrama 2 lantai, pemerintah Kabupaten Pidie Jaya tidak saja membantu dalam bentuk fisik tapi juga non fisik diantaranya mutu dan kualitas, saya akan menerapkan kurikulum yang terintegrasi antara Pesantren tahfidz kemudian Pesantren salafiyah dan juga Pesantren modern di mana Di sana diajarkan tahfidz mengkaji kitab kuning bahasa dan juga pengembangan pakar santri Dan ini menjadi Pesantren tahfidz yang satu-satunya di Pidie Jaya yang mempunyai kurikulum tersebut," tegas Tgk.Edi Arman.

Mudah-mudahan dengan dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dan masyarakat serta kita semua insyaallah nantinya Pidie Jaya akan melahirkan generasi-generasi penghafal Quran yang berwawasan cerdas dan berakhlakul karimah berguna bagi Agama, bangsa dan negara.

"Wahai para penghafal Alquran berbanggalah kalian dengan quraanmu kesalehan dan ketakwaan janganlah dikalahkan oleh orang-orang kaya dengan kekayaan pejabat oleh jabatannya ilmuwan oleh ilmunya karena kekayaan jabatan dan ilmu hanya titipannya sedangkan Alquran dan ketakwaan akan terus abadi dan bermanfaat sampai akhirat nanti," terang Tgk.Edi Arman saat menutupi kata sambutannya.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pidie Jaya, H.Aiyub Abbas, Asisten satu, Abubakar, Kapolsek Meureudu, Kepala Bank Aceh, Dinas Pendidikan Dayah, Agussalim, Pimpinan MUQ serta para wali santri wisuda.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network